• Januari 22, 2024
India

Sejarah Singkat Penamaan Negara India

Penamaan India sebagai sebuah negara merupakan sistem yang panjang dan kompleks, mencerminkan peristiwa yang kaya dan banyak ragam dari subkontinen India. Penamaan negara India melibatkan banyak budaya, bahasa, permainan dari situs slot dana gacor dan efek peristiwa yang berbeda. Berikut adalah beberapa titik penting dalam peristiwa penamaan tersebut:

Asal Usul Nama “India”

Nama “India” berasal dari bhs Yunani Kuno “Indía”, yang bisa saja berasal dari bhs Sanskerta; “Sindhu”, yang merujuk terhadap Sungai Indus. Orang Yunani dan Romawi kuno merujuk terhadap wilayah ini sebagai “India” dan “Indus” dikarenakan kontak perdagangan mereka bersama peradaban-peradaban di wilayah tersebut.

Nama Asli

Nama asli subkontinen India dalam bhs Sanskerta adalah “Bhāratavarsa” atau “Bhārata”, yang merujuk terhadap kerajaan legendaris yang dijelaskan dalam epik India kuno, layaknya Mahabharata dan Ramayana.

Nama ini tetap digunakan dalam bhs Sanskerta dan beberapa bhs India modern.

Beragam Nama dalam Bahasa-bahasa India

Di India, terkandung banyak ragam bhs dan dialek. Oleh dikarenakan itu, tiap tiap bhs miliki nama yang berbeda untuk India. Sebagai contoh, dalam bhs Hindi, India disebut “Bhārat”, pas dalam bhs Tamil, disebut “Innam”.

Pengaruh Penjajahan Eropa

Selama era penjajahan Eropa di India, negara-negara layaknya Inggris dan Portugal menambahkan nama-nama yang berbeda kepada wilayah-wilayah yang mereka kuasai. Inggris, misalnya, memanfaatkan nama “India” untuk wilayah yang mereka kuasai, dan nama ini kemudian diterima sebagai nama resmi untuk seluruh subkontinen.

Kemerdekaan India

Setelah menggapai kemerdekaan dari penjajahan Inggris terhadap tahun 1947, India secara resmi mengadopsi nama “Republik India” atau “Bhārat Ganarājya” sebagai nama negara dalam konstitusi mereka.

Nama “India” tetap digunakan secara luas di seluruh dunia hingga sekarang

Sejarah penamaan India mencerminkan kompleksitas sejarah, bahasa, dan budaya di subkontinen ini. Meskipun nama “India” bisa saja paling dikenal secara internasional, penting untuk diingat bahwa India miliki banyak nama dalam beraneka bhs yang mencerminkan identitasnya yang beragam.