• Januari 8, 2024
Batik

Sederet Kebudayaan Indonesia yang Mendunia

Indonesia mempunyai keragaman budaya tradisi yang benar-benar melimpah. Hampir di tiap-tiap area mempunyai kebudayaan tersendiri yang menjadi ciri khas dan identitas dari area tersebut. Tidak heran jika kebudayaan dan tradisi asal Indonesia bisa dikenal sampai mancanegara. Hal itu tidak lepas dari keunikannya yang syarat bakal nilai-nilai tradisi dan leluhur nenek moyang.

Indonesia https://www.ptmerantimustika.com/ merupakan negara kepulauan yang mempunyai banyak kelebihan berupa kebudayaan yang melimpah. Inilah kebudayaan Indonesia yang mendunia :

1. Batik

Ini adalah kain yang mempunyai warna dan motif yang unik yang menjadi ciri khas dari bermacam daerah. Batik terhitung budaya asli Indonesia yang diakui oleh UNESCO. Batik tidak cuma dijadikan lambang atau sekadar pajangan saja. Tapi, pemakaian batik telah diimplementasikan ke dalam kehidupan masyarakat. Contohnya, batik digunakan untuk seragam kerja, seragam sekolah sampai cendera mata.

2. Angklung

Kekayaan budaya asal Indonesia yang berupa alat musik ini terbuat dari bambu. Cara memainkan alatnmusik khas Jawa Barat ini dengan digoyangkan. Angklung beroleh pengakuan dari UNESCO dan terhitung bagian dari World Heritage.

3. Gamelan

Salah satu budaya tradisi yang benar-benar kondang di nusantara adalah Gamelang. Kebudayaan ini banyak menarik perhatian orang di mancanegara untuk mempelajarinya. Rangkaian musik gamelan bisa membuahkan musik yang indah dan berkarakter.
New Zealand School of Music adalah keliru satu sekolah yang menjadikan gamelan sebagai objek pembelajaran.

4. Seni Wayang

Wayang terhitung warisan budaya yang rupanya telah dimasukkan ke dalam UNESCO semenjak 2003. Banyak para turis yang terpukau dengan kesenian asal Jawa Tengah ini, bahkan tidak sungkan untuk mempelajarinya.

5.Tari Saman

Dikenal terhitung sebagai tarian yang unik karena melibatkan banyak orang. Tari saman masuk ke daftar warisan budaya yang diakui UNESCO. Umumnya, tarian ini digelar untuk merayakan moment penting dalam suatu acara kebiasaan atau acara formal kenegaraan.