• Januari 9, 2024
PESONA 8 NEGARA TIMUR TENGAH DAN TRADISINYA

Pesona Negara-Negara Timur Tengah dan Tradisinya

Bagaimana rasanya jika Anda bisa merayakan bulan Ramadan di negara Timur Tengah? Selain disuguhkan bersama pemandangan indah, Anda pun bisa nikmati iftar bersama makan makanan lokal serta mengikuti tradisi Ramadan yang tidak sama berasal dari tanah air. Pastinya menjadi suatu pengalaman yang menarik. Inilah saran kami mengenai destinasi yang bisa menjadi bucket lists Anda.

1. M E S I R

Kebiasaan Ramadan : Lampu Fanus dan Hidangan Kunafa

Masyarakat Mesir memiliki tradisi untuk memasang lampu fanus di halaman rumah. Tradisi ini di mulai sejak Dinasti Fattimiyah, lampu dipasang untuk menyongsong kedatangan pasukan Raja yang berkunjung menjelang datangnya bulan Ramadan. Selain itu, selama servethiswiththat.com bulan puasa terhitung menyajikan hidangan manis bernama kunafa/kanafeh. Ini merupakan kue keju yang direndam bersama sirup yang terbuat berasal dari bihun. Persiapkan diri dikarenakan puasa di kota Kairo berjalan selama 15 jam lebih.

Destinasi Wisata :

Selain piramida dan sphinx, Mesir terhitung memiliki beraneka area wisata yang menarik. Jangan lewatkan Luxor-kota moderen yang dipenuhi bersama reruntuhan masjid serta kuil yang indah, dan terletak di kedua tepi timur dan barat Sungai Nil di Mesir bagian utara. Luxor dibangun dibekas wilayah Thebes, yang merupakan ibu kota Mesir kuno (2052 SM). Perkaya terhitung pengalaman Anda di Mesir bersama datang ke kuil Karnak, Valley of the Kings yaitu kuil yang didalamnya terkandung 50 makam raja-raja kuno. Pasti menarik!

2. Q A T A R

Kebiasaan Ramadan : Festival Garangaou

Setiap tanggal 13, 14, dan 15 bulan Ramadan, setelah membuka puasa dan salat Maghrib, anak-anak berpawai bersama kostum khusus untuk merayakan festival Garangaou. Anak laki-laki pakai baju Arab hitam berompi merah dan bersulam emas, sedangkan anak perempuan mengenakan baju tradisional disdaashas berwarna cerah bersama kuncir kepala atau hijab hitam transparan dan berhias benang emas. Mereka berjalan sambil bernyanyi, berkunjung ke tempat tinggal penduduk untuk minta permen dan kue (seperti tradisi Halloween di negara barat)

Destinasi Wisata :

Tuan tempat tinggal Piala Dunia 2022 ini memiliki beraneka area menarik untuk dikunjungi layaknya State Grand Mosque (masjid terbesar di Qatar bersama perpaduan arsitektur moderen dan budaya timur), Museum Seni Islam (memiliki koleksi kesenian Islam berasal dari tiga benua sejak abad ke-14), The Corniche of Qatar, Palm Tree Qatar Island, Katara Cultural Village (banyak bangunan bersejarah bersama desain unik berasal dari opera house, museum, restoran, dan Masjid of Katara), serta nikmati wisata safari gurun.

3. A R A B S A U D I

Kebiasaan Ramadan : Menyalakan Meriam

Di Mekkah, Ramadan disambut bersama menyalakan meriam. Meriam dinyalakan dua kali, yaitu saat matahari terbit (sehri) dan kala matahari tenggelam (iftar) sebagai sinyal saat berbuka puasa. Uniknya, saat berbuka puasa menjadi ajang untuk berlomba-lomba memberikan makanan, terlebih di Masjidil Haram. Setiap blok sudah dipesan oleh keluarga-keluarga untuk bersedekah menyediakan makanan berbuka di sana.

Destinasi Wisata :

Negara ini memiliki air mancur tertinggi di dunia, King`s Fountain, yang berlokasi di Jedah. Airnya bisa menyembur hingga ketinggian 853 meter. Airnya merupakan air asin dikarenakan terletak di Laut Merah. Kemudian, di kota yang mirip terhitung terkandung gedung tertinggi di dunia, Kingdom Tower. Gedung tertinggi di dunia ini memiliki sky terrace bersama lantai transparan agar Anda bisa menyaksikan Laut Merah di bawah kaki Anda! Jubbah Rock Cravings dan Cave of Thor di Mekkah terhitung sayang jika dilewatkan.

4. K U W A I T

Kebiasaan Ramadan : Baca Al-Quran dan Tarawih

Merayakan tradisi Ramadan bersama langkah tradisional layaknya di negara-negara berpenduduk muslim di benua Asia.

Destinasi Wisata :

Jika Anda pecinta museum,Tareq Rajab Museum menjadi tujuan yang tepat. Inilah museum etnografi yang indah dan menyimpan koleksi teristimewa berasal dari perdana menteri Kuwait yang pertama bersama istrinya yang berasal berasal dari Inggris. Koleksi teristimewa berikut diantaranya layaknya perhiasan perak Oman, emas Saudi, hiasan kepala, helm Mongol, kostum yang digunakan para putri, mutiara Bahrain hingga manuskrip Arab yang menjadi koleksi terpenting. Sempatkan terhitung ya untuk berkunjung di Mirror House karya seniman Italia-Kuwait, Lidia Al Qattan bersama kisah-kisah penjelasan di tiap tiap kamar, yang memakan saat pengerjaan selama 40 th. dan memerlukan lebih kurang 70 ton cermin.

5. T U R K I

Kebiasaan Ramadan : Hidangan Iftariye

Hampir seluruh restoran tawarkan hidangan yang mirip untuk berbuka yaitu Iftariye (hidangan pembuka yang di dalamnya tersedia kurma, zaitun, keju, pastirma, sujuk, roti pide) dan beraneka kue yang disebut borek.

Destinasi Wisata :

Negara ini tawarkan sejuta pesona, jadi berasal dari wisata alam hingga ke peninggalan kuno. Ada Danau Soda Salin yang tenar bersama airnya yang sangat biru dan terhitung menjadi danau terbesar di Turki. Menurut legenda, tersedia monster yang hidup di sini lho. Berikutnya adalah Uzungol, lembah yang sangat indah layaknya Swiss dan pegunungan Alpen. Di sana, terkandung rumah-rumah tradisional Turki yang dikombinasikan bersama bentang alam yang indah. Terakhir, Pamukkale yang tenar bersama mata air panasnya serta reruntuhan kuno berasal dari kota Hierapolis yang merupakan situs warisan dunia UNESCO.

Baca Juga: https://asocvencol.org/sederet-kebudayaan-indonesia-yang-mendunia/

6. P A K I S T A N

Kebiasaan Ramadan : Menu Andalan Chawal Briyani Untuk Buka Puasa

Masyarakat lokal menggelar acara membuka bersama bersama menu andalan Chawal Briyani (nasi Briyani). Menjelang akhir Ramadan, seluruh masjid menyelenggarakan Sabina (menghatamkan Al-Quran) yang dibaca di dalam salat tarawih selama tiga hari menjelang Ramadan berakhir. Nah, di kota ini puasanya memakan saat hingga 15 jam lebih lho.

Destinasi Wisata :

Pakistan memiliki reruntuhan arkaelogi yang tenar di Moenjodaro, tepatnya di sisi kanan berasal dari sungai Indus. Anda terhitung bisa nikmati Taman Fort & Shalamar di Lahore. Kemudian monumen historis di kota Makli, serta Deosai National Park.

7. B A N G L A D E S H

Kebiasaan Ramadan : Hidangan Jilapi dan Makan Bersama

Kebiasaan Ramadan : Hidangan Jilapi dan Makan Bersama
Tak hanya saat idul fitri, saat Ramadan pun mereka datang ke sanak saudara dan makan bersama bersama jilapi (manisan). Masyarakat terhitung kerap menyelenggarakan bazaar menjelang puasa. Di ibu kota-Dhaka, bazaar bertempat di Old Dhaka / Chakbazar. Dalam bazaar tersebut, sebagian besar makanan yang dijual adalah kebab, domba panggang, chicken bhunna curry, dan menu lain yang terbuat berasal dari daging domba serta kambing, yang dicampur bersama nasi dan kacang.

Destinasi Wisata :

Anda tak akan menyangka bahwa hutan mangrove terbesar di dunia ternyata tersedia di negara ini, yaitu Sundarbans Mangrove Forest yang terletak di antara Bangladesh dan India. Hutan ini terhitung menjadi keliru satu berasal dari warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO, menjadi Anda tidak boleh melepas spot ini saat berkunjung ke Bangladesh. Kemudian, Anda terhitung bisa nikmati suasana tenang bersama pemandangan yang indah di Srimangal (perkebunan teh hijau), Hamham waterfals, serta danau Kaptai.

8. I R A N

Kebiasaan Ramadan : Kalleh Gonjeshki

Adalah puasa 1/2 hari untuk anak yang belum menggapai umur puber. Namun saat puasanya di negara ini terhitung terhitung saat puasa yang terlama, yaitu nyaris 15 jam lebih.

Destinasi Wisata :

Iran memiliki Persepolis, yang merupakan ibu kota berasal dari kerajaan Achaemid (salah satu wilayah wisata kuno) yang menjadi world heritage UNESCO terhadap th. 1979. Selanjutnya, Anda bisa datang ke area wisata favorit warga Iran selama musim dingin dan musim semi, yaitu Shemshak ski resort. Di sini, Anda bisa coba permainan ski yang seru dan penuh tantangan! Buat Anda yang dambakan melacak area instagrammable, Masjid Sheikh Lotfollah di Isfahan bisa menjadi pilihan tepat. Selain memiliki penampilan interior yang megah dan menarik, masjid ini terhitung memiliki nilai historis yang tinggi.