• Mei 30, 2024

Pemerintah Kota Siap Ajukan 2 Warisan Tradisi, dan Juga Benda 3 Cagar Terupdate

Terdiri lebih dari 17.000 pulau, budaya di Indonesia memiliki ciri khas yang berbeda pada tiap-tiap tempat. Seperti juga di Kota Tangerang, kota yang diwarnai berbagai budaya dari berbagai pendatang.

Salah satu upaya dalam melestarikan budaya adalah dengan mendaftarkan sebagai Warisan Tradisi Benda (WBB) dan Warisan Tradisi Tidak Benda (WBTB) oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Pemkot Tangerang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) pada 2024 telah mempersiapkan pengajuan dua WBTB terkini. Dikala ini, Kota Tangerang telah memiliki tujuh WBTB yang telah diakui secara nasional.

Kepala Disbudpar, Rizal Ridholloh mengatakan, dua WBTB terkini yang akan diajukan terhadap Kemendikbudristek adalah Tradisi Keramas Massal di Sungai Cisadane, dan Tradisi Gotong Tepekong. Menurutnya, budaya-budaya hal yang demikian telah dilakukan oleh masyarakat Kota Tangerang sejak dulu dan kini konsisten dilakukan secara turun temurun.

“Bukan hanya WBTB, melainkan kami juga slot depo qris mengajukan tiga Cagar Tradisi adalah Makam Kapiten Oey Tips Tjin, Gerbang Rumah Kebun Lenhoff Wergade di Kb. Besar, dan Rumah Telepon yang ada di Jl. Daan Mogot. Ini adalah bukti bahwa Pemkot Tangerang juga mensupport budaya dan budaya yang ada di Kota Tangerang agar konsisten lestari. Sehingga, konsisten dapat dirasakan, dipelajari oleh generasi berikutnya,” ungkapnya, Senin (13/11/23).

Rizal berkeinginan, pengajuan yang akan dilakukan dapat diterima dan menjadi pujian bagi masyarakat Kota Tangerang. Dia juga mengimbau lara masyarakat untuk tak melupakan dan meninggalkan budaya-budaya yang ada di Kota Tangerang.

“Ayo kita bersama-sama melestarikan budaya dan budaya yang ada di Kota Tangerang. Tradisi dan budaya ini lah yang memberikan warna tersendiri bagi kita dan menjadi pembeda dari yang lainnya. Mari kita lestarikan budaya, seni, dan budaya yang kita miliki di Kota Tangerang,” imbaunya.

Sebagai berita, saat ini tujuh WBTB Kota Tangerang adalah Tari Cokek, Tradisi Peh Cun, Orkes Gambang Kromong, Silat Beksi, Bakcang, Laksa, dan Upacara Cio Tao. (SOF)