• Mei 19, 2024

Mengenal Kebudayaan Pacitan dan Ngandong pada Zaman Palaeolithikum

Kebudayaan masyarakat pada zaman prasejarah bisa diperhatikan dari benda-benda peninggalan mereka. Salah satunya ialah zaman batu tua atau yang diketahui dengan zaman Palaeolithikum.

Pada masa ini, manusia purba sudah jago membuat alat-alat dari batu. Namun, alat-alat yang dihasilkannya masih kasar sebab teknik pembuatannya masih sungguh-sungguh simpel.

Dikutip dari buku Sejarah: Untuk kelas 1 SMA oleh M. Habib Mustopo, alat batu pada zaman Palaeolithikum diciptakan dengan metode membenturkan masing-masing batu.
Hasil pecahan batu yang menyerupai kapak akan dipakai untuk berburu serta mengumpulkan makanan.
Di Indonesia, alat-alat yang terbuat dari batu yang diperkirakan berasal dari zaman Palaeolithikum banyak ditemukan di daerah Pacitan dan Ngandong, Jawa Timur.

Sehingga, para arkeolog membedakan penemuan mahjong slot kreatif benda-benda prasejarah di kedua daerah itu sebagai kebudayaan Pacitan dan kebudayaan Ngandong. Dari kedua daerah itu, tentunya benda-benda prasejarah ini memiliki ciri khasnya masing-masing

Untuk mengenal lebih lanjut seputar alat-alat batu pada masa kebudayaan Pacitan dan kebudayaan Ngandong, simak penjelasan berikut!
Kebudayaan Pacitan

Dikutip dari buku Sejarah Asia Tenggara oleh Yoseph Vincent Panggabean, kebudayaan Pacitan ialah kebudayaan manusia purba Pitecantrophus Erectus yang menghuni lapisan tengah dari Pleistosen. Alat-alat batu dari Pacitan ini ditemukan oleh Van Koenigswald pada tahun 1935 di Sungai Baksoko, Desa Punung, Pacitan, Jawa timur.

Wujud dari alat-alat batu yang ditemukan masih sungguh-sungguh simpel dan kasar. Kemungkinan alat-alat tersebut dipakai untuk menusuk dan menggali tanah. Para ahli berpendapat bahwa penemuan kreatif alat-alat batu di Pacitan disebut dengan kapak genggam.

Selain itu, para ilmuan menyebut alat-alat pacitan sebagai chopper atau alat penetak.
Dikutip dari buku IPS Terpadu (Sosiologi, Geografi, Ekonomi, Sejarah) oleh Nana Supriatna, dkk., ciri utama kebudayaan Pacitan ialah format dari alatnya yang tak bertangkai dan metode menggunakannya dengan digenggam. Tipe alat yang paling banyak ditemukan di Pacitan ialah alat-alat kecil seperti kapak perimbas, kapak penetak, dan alat serpih atau diketahui dengan flake.