• November 23, 2023
budaya denmark

Mengenal 9 Tradisi Unik Tahun Baru di Seluruh Dunia

“Setiap negara ternyata punya tradisi unik tersendiri untuk menyambut tahun baru. Misalnya di Brazil, masyarakatnya punya tradisi mengenakan baju putih di tahun baru sebagai refleksi masa lalu dan membuat resolusi baru.”

Setiap negara ternyata punya tradisi tahun baru masing-masing. Menelepon keluarga jelang jam 12 malam, menyanyikan lagu “Auld Lang Syne”, hingga makan kacang polong untuk keberuntungan adalah contohnya.

Kalau di Indonesia sendiri, tradisi yang dilakukan adalah menggunakan waktu bersama dengan kawan atau keluarga. Waktu pergantian tahun dilakukan bersama dengan membakar jagung, daging atau makanan lainnya bersama-sama. Tepat terhadap pukul  00.00, kembang api dapat diluncurkan sebagai penanda sambutan tahun baru.

Tradisi Unik Tahun Baru Seluruh Dunia

Ternyata, sebagian negara punya tradisi unik tersendiri untuk menyambut tahun baru. Berikut sebagian contohnya:

1. kenakan Pakaian Putih (Brasil)

Di Brazil, tahun baru dianggap sebagai waktu untuk merefleksikan masa lalu dan membuat resolusi baru untuk tahun yang dapat datang. Ada tradisi mengenakan baju warna putih di Brasil sebagai perlambang keberuntungan, kemakmuran, dan mengusir roh jahat.

Selain mengenakan baju putih, ada tradisi termasuk melompati tujuh gelombang yang merupakan angka keberuntungan dalam budaya Brasil, dan juga melemparkan bunga ke dalam air sebagai persembahan kepada Lemanjá, dewi laut.

2. Makan 12 Buah Anggur (Spanyol)

Di Spanyol, adalah tradisi untuk makan 12 buah anggur. Setiap anggur mewakili keberuntungan selama satu bulan di tahun yang dapat datang. Di kota-kota besar seperti Madrid dan Barcelona, orang-orang berkumpul di alun-alun utama untuk makan buah anggur bersama-sama.

3. Membawa Koper Kosong (Kolombia)

Dengan harapan tahun baru ini dapat penuh perjalanan, penduduk Kolombia punya ritual membawa koper kosong di kira-kira blok rumah.

Baca juga:

Sejarah Berdirinya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) 24 Oktober 1945

Penyebab Serta Dampak Perang Dunia I Dan II

4. Melempar Piring dan Gelas ke Pintu (Denmark)

Orang Denmark menyambut tahun baru bersama dengan melemparkan piring dan gelas tua ke luar pintu untuk mengusir roh jahat. Mereka termasuk berdiri di atas kursi dan melompat bersama dengan terhadap sedang malam sebagai perlambang lompatan ke Januari untuk memperoleh keberuntungan.

5. Upacara Api Unggun (Skotlandia)

Orang Skotlandia mengadakan upacara api unggun di mana orang-orang berparade sambil mengayunkan bola api raksasa di tiang, yang konon merupakan lambang matahari, untuk memurnikan tahun yang dapat datang.

6. Memajang Bentuk Bulat di Rumah (Filipina)

Kamu dapat mendapatkan banyak bentuk bulat di seluruh Filipina terhadap malam tahun baru sebagai perwakilan koin yang melambangkan kemakmuran di tahun mendatang. Banyak keluarga memajang tumpukan buah berbentuk bundar di meja makan mereka yang masing-masing jumlahnya 12. Banyak termasuk orang yang kenakan baju polkadot sebagai keberuntungan.

7. kenakan Baju Warna Merah (Amerika Tengah)

Negara-negara Amerika Tengah dan Selatan lainnya seperti Ekuador, Bolivia, dan Venezuela, punya tradisi mengenakan baju berwarna merah yang dianggap membawa cinta di tahun baru dan juga warna kuning sebagai perlambang kemakmuran.

8. Menggantung Bawang (Yunani)

Bawang secara tradisional digantung di pintu depan rumah terhadap tahun baru sebagai lambang kelahiran lagi di tahun baru. Pada tahun baru, orangtua dapat membangunkan anak mereka bersama dengan menepuk kepala mereka bersama dengan bawang sebagai keberuntungan.

9. Mencelupkan Buah ke Madu (Israel)

Sedangkan, penduduk Israel merayakan tahun baru bersama dengan langkah mencelupkan buah ke dalam madu sebagai perlembang manis dan berkah yang untuk tahun mendatang. Sepanjang perayaan tahun baru, alat musik shofar pun dibunyikan. Alat musik ini terbuat dari tanduk domba jantan sebagai lambang kerendahan hati berdiri di hadapan Tuhan.