• Mei 24, 2024

Mencicipi Kuliner Di Empal Gentong dari kota Cirebon bikin Menggoyang Lidah

Seandainya berwisata ke Cirebon jangan lupa mampir ke Empal Gentong H Apud yang legendaris. Cafe ini sudah berdiri selama lebih dari 20 tahun.

Berkesempatan untuk mengunjungi Empal Gentong H Apud yang berada di Jalan Otto Iskandar Dinata, Tegalsari, Cirebon. Itu resto cabang. Kedai Empal Gentong H Apud pusatnya adanya di Jalan Ir H Juanda, Battembat, Cirebon.

Selalu ramai dikunjungi wisatawan, Cafe H Apud cabang kedua itu dapat mengeluarkan 100 porsi dalam sehari. Lebih-lebih, saat weekend atau hari libur.

“Seandainya di sini kadang-kadang 80-100. Seandainya weekend lebih banyak lagi, kadang dapat sampai 500 porsi,” kata Pengelola H Apud cabang Jalan Otto Iskandar Dinata, Ade Fitria.

Cabang kedua Empal Gentong Haji Apud itu sudah 777 slot online berdiri semenjak tahun 2017, meskipun pusatnya sudah berdiri selama kurang lebih 25 tahun.

“Seandainya nggak salah tahun 95 deh, 25 tahun sih, jika yang cabang awal 2017,” kata Ade.

Mempunyai rempah-rempah khas dan daging yang empuk, tidak heran Empal Gentong ini diminati oleh banyak pengunjung. Olahan dagingnya bahkan tidak sembarangan.

“Kita yang opsinya (daging) fresh segala, nggak ada yang es es-an semuanya fresh,” kata Ade.

Saat pandemi, resto yang berada di sentra konsisten dibuka. Empal gentong cabang kedua tutup. Tetapi, saat buka kembali banyak pengunjung yang datang.

“Tetapi omset nggak seberapa kan, jadi dari pada terbagi-bagi akibatnya udah dikonsentrasikan segala di sana, kita yang ngalah. Tetapi waktu kita awal Juli buka, langsung stabil normal nggak banyak penurunan. Ya alhamdulillah,” Ade menambahkan.

Cafe ini juga mempunyai banyak pilihan makanan seperti empal asem, sate kambing, tahu gejrot dan beraneka menu lainnya. Nah, kecuali makanan yang lezat, bersebelahan dengan resto Empal Gentomg H Apud ada menu es yang tidak awam, namanya es tawuran.

Seperti, es campur, es tawuran mempunyai varian lebih lengkap. Ada melon, timun suri, duren, nangka, alpukat dan nata de coco ditambah dengan agar-agar.