• Mei 28, 2024

Masakan Enak Berbahan Dasar Ikan Khas Nusantara, Bikin Lidah Goyang

Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki beraneka tipe olahan makanan laut lebih-lebih dari ikan di beraneka daerah di Nusantara. Masakan berbahan dasar ikan ini sungguh-sungguh menarik, nikmat, lezat dan menggugah selera.

Olahan ikan di Indonesia lazimnya menggunakan racikan bumbu dan rempah-rempah yang sungguh-sungguh otentik. Tidak heran, apabila masakan khas Indonesia menjadi primadona dan juga sudah mulai familiar mendunia.
Seandainya Anda masih belum banyak tahu apa saja sih masakan nikmat berbahan dasar ikan. Menghimpun beraneka sumber, Selasa (31/10/2023) berikut enam masakan nikmat berbahan dasar ikan khas Nusantara.

1. Nila Toba Tauco –Sumut : Nila Toba Tauco adalah salah satu masakan dari Medan, Sumut. Dinamakan Toba tauco, sebab kudapan dengan cita rasa pedas satu ini memang bisa ditemukan di wilayah Danau Toba. Saus yang diterapkan berasal dari tauco Medan yang dicampur dengan bahan lainnya, seperti cabai rawit, cabai keriting merah, bawang putih, bawang merah, salam, sereh, lengkuas, jahe, garam, gula dan jeruk nipis atau limo agar ikan tak bau.

Selain nila, Anda bisa juga menggantinya dengan tipe ikan lainnya. Semisal lele, bawal, serta aneka seafood lainnya. Nila slot bonus new member Toba Tauco yang adalah salah satu masakan halal ini memang nikmat disantap bersama nasi putih hangat.

2. Sop Ikan – Batam: Salah satu makanan khas Batam yang sudah sungguh-sungguh populer. Rasanya gurih, lezat apalagi disampaikan selagi hangat bersama nasi putih. Bahan dasar dari sop ini adalah ikan, udang, cumi, bawang goreng, dan disampaikan bersama kuah segar dengan bumbu khas dan irisan tomat hijau.

Temukan informasi up to date dengan semua informasi terkini dari Okezone cuma dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Arsik – Tapanuli: Selain Nila Toba Tauco, Sumatera Utara juga memiliki olahan ikan lainnya adalah dinam arsik. Ikan yang diwujudkan kudapan yang ini menggunakan ikan mas yang masih segar.

Ikan mas lalu dimasak dengan bumbu dan rempah-rempah khas Sumatera Utara, seperti andaliman, kecombrang, asam gelugur atau patikala, dan lokio atau bawang batak. Proses masaknya malahan terbilang unik, adalah bahan-bahan di atas disusun di atas panci, lalu ikan mas segar yang sudah dilumuri bumbu kuning diletakkan di atasnya.
4. Gabus Pucung – Betawi: Adalah masakan langka khas Betawi dan termasuk makanan legendarisorang Betawai. Metode membuatnya hampir sama dengan rawon, adalah tumis bumbu hingga harum, lalu masukkan air kluwek dan ikan gabus yang sudah dipotong dan dilumuri air jeruk nipis. Masak hingga bumbunya menyerap dan sajikan dengan taburan bawang goreng dan nasi hangat.