• Mei 11, 2024

Kenapa Tradisi Indonesia Amat Berbagai Variasi? Ini Alasan Dan Pengaruhnya|}

Kenapa adat istiadat Indonesia sungguh-sungguh beragam variasi menjadi pertanyaan yang acap kali terlintas dikala memperhatikan kekayaan adat istiadat Indonesia yang tidak ada habisnya. Buktinya keberagaman adat istiadat yang ada di Indonesia tidak terjadi seperti itu saja, tapi ada beberapa elemen yang mendasarinya.

Terdapat banyak elemen yang menjadi alasan kenapa adat istiadat indonesia sungguh-sungguh beragam variasi, seperti letak geografis Indonesia hingga situasi transportasi dan komunikasi yang ada di Indonesia. Banyaknya elemen yang menjadi dasar, membikin keberagaman di Indonesia bahkan kian banyak.

Melainkan tidak hanya memberi imbas positif seperti sbobet bola kekayaan adat istiadat, keberagaman adat istiadat di Indonesia juga acap kali memunculkan imbas negatif yang perlu dihindari dan diminimalisir kemunculannya. Oleh karena itu, mengetahui alasan kenapa adat istiadat indonesia sungguh-sungguh beragam variasi menjadi penting untuk bisa lebih memahami keberagaman adat istiadat yang ada.

Segera apa saja alasan kenapa adat istiadat Indonesia sungguh-sungguh beragam variasi? Berikut ini Liputan6.com rangkum dari beragam sumber pada Kamis (15/12/2022). Faktor penyebab keberagaman adat istiadat Indonesia, serta imbas positif dan negatif yang ditimbulkannya.

Kenapa Tradisi Indonesia Amat Berbagai Variasi?
Alasan kenapa adat istiadat indonesia sungguh-sungguh beragam variasi merupakan karena Indonesia mempunyai sejumlah elemen, yang mana situasi dalam masyarakatnya terdapat banyak perbedaan. Perbedaan itu meliputi suku bangsa, ras, agama dan lain sebagainya. Berikut penjelasannya :

1. Letak geografis wilayah Indonesia
Alasan pertama kenapa adat istiadat indonesia sungguh-sungguh beragam variasi merupakan karena letak geografis wilayah Indonesia. Indonesia merupakan negara kesatuan yang mempunyai ribuan pulau. Luas wilayah Indonesia yang besar berdampak kepada banyaknya keberagaman yang dimiliki Keadaan itu menciptakan sumber keberagaman tercipta, seperti suku, adat istiadat, ras, dan kelompok. Keadaan ini kemudian memunculkan perbedaan dalam masyarakat.

2. Keadaan iklim dan alam yang berbeda
Alasan kedua kenapa adat istiadat indonesia sungguh-sungguh beragam variasi merupakan karena tiap-tiap wilayah di Indonesia mempunyai situasi iklim dan alam yang berbeda. Perbedaan musim di Indonesia, seperti musim hujan dan kemarau antar daerah, perbedaan situasi alam seperti pantai, pegunungan dan dataran rendah membikin perbedaan pada masyarakat.

3. Akibat kebudayaan asing
Indonesia mempunyai letak yang strategis, yang membuatnya menjadi salah satu jalur pelayaran internasional pada zaman dulu. Relasi Indonesia dengan bangsa-bangsa lain ini tidak sebatas pada bisnis, tapi juga saling memberi pengaruh corak adat istiadat. Biasanya via komunikasi atau mereka datang ke Indonesia. Sehingga terjadi akulturasi atau percampuran elemen kebudayaan asing dengan kebudayaan Indonesia.

4. Keberagaman Agama
Kebebasan beragama dijamin oleh UUD 1945. Agama yang diakui secara legal di Indonesia merupakan Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha dan Konghucu. Keberagaman agama di tengah-tengah masyarakat menampakkan bahwa bangsa Indonesia menjadi salah satu elemen banyaknya adat istiadat dan keberagaman yang timbul.

5. Keberagaman Ras
Masyarakat di Indonesia mempunyai perbedaan ciri-ciri jasmani seperti warna kulit, warna dan bentuk rambut, bentuk muka, ukuran badan, bentuk badan, bentuk dan warna mata serta ciri jasmani yang lainnya. Keberagaman ras penduduk di Indonesia sungguh-sungguh beragam, dimana setidaknya ada 3 ras di Indonesia merupakan Ras Malayan-Mongoloid, Ras Melanesoid dan ras Ras Asiatic Mongoloid yang membikin masyarakat di Indonesia sungguh-sungguh beragam.