• Mei 23, 2024

Ini Ia Alasan Liburan Kuliner Nuansa Pedesaan Makin Diminati, Konsepnya ‘Menjual’

Bertamasya kini menjelma menjadi kebutuhan tak terelakkan di tengah kesibukan dan rutinitas harian yang padat. Dianggap sebagai momen healing, pergi ke daerah tamasya seolah pantang dilewatkan, terutama saat akhir pekan.

Entah itu pergi ke tamasya alam atau cafe keluarga, kesibukan tamasya semacam ini kerap kali kali dimanfaatkan sebagai penyegar suasana.

Menariknya, tamasya masakan yang makin menjamur juga menjadi tenaga tarik tersendiri, tak terkecuali tamasya masakan dengan nuansa pedesaan. Tidak kalah saing dengan masakan modern berkonsep cafe dan cafe, tamasya pedesaan justru menjadi ‘hidden gems’ yang diburu banyak wisatawan.

Berikut alasan yang membikin tamasya masakan bernuansa pedesaan kian banyak diminati. Konsepnya sendiri telah laku dijual sampai dicari para penikmat masakan dan wisatawan bagus dalam ataupun luar kota.

1. Suasana tenang dan dekat dengan alam

Tidak dimungkiri bahwa suasana pedesaan memang kapabel memberi ketenangan bagi para pengunjungnya. Jadi, tak heran apabila penggabungan tamasya masakan dan lokasi pedesaan menjadi perpaduan yang kapabel mewujudkan suasana tenang juga tentram.

Pasalnya, berada dekat dengan alam yang serba hijau sendiri telah menjadi ‘terapi’ suasana hati dan emosionil. Apalagi spaceman slot ditambah sajian menu yang cocok di lidah, telah pasti para wisatawan akan betah berlama-lama atau bahkan kerap kali kembali berkunjung.

2. Mengusung konsep ramah lingkungan

Semakin hari kesadaran orang tentang konsep kembali ke alam memang telah kian tinggi. Bukan hanya tentang meminimalisir sampah, melainkan juga mulai merambah pada tujuan tamasya. Kesudahannya, tamasya masakan dengan nuansa pedesaan yang dekat dengan alam bahkan kian populer.

Ada juga konsep terkait penyajian makanan yang ramah lingkungan, seperti pembungkus daun dan alat makan tradisional. Hal ini tentu saja paralel dengan kesibukan cinta bumi yang jauh dari sampah plastik. Bukan hanya berwisata dan santap masakan enak, melainkan juga mendidik wisatawan untuk back to nature.

3. Penuh eksplorasi menu tradisional

Namanya juga tamasya masakan, pasti tujuan utama yang dicari adalah menu makanan yang disuguhkan. Kalau lazimnya cafe dan cafe lebih dekat dengan makanan modern, tamasya masakan nuansa pedesaan justru membawa pada eksplorasi menu tradisional yang sempat dianggap kuno.

Menu tradisional yang terpinggir bisa kembali diketahui lidah generasi muda. Bahkan mulai naik daun sebab kesadaran akan nutrisi dan kesehatan yang meningkat. Menu tradisional identik dengan sajian penuh kearifan lokal yang minim penyedap atau pengawet buatan.

4. Banyak ‘memasarkan’ pengalaman baru

Bukan hanya eksplorasi menu tradisional, tamasya masakan nuansa pedesaan juga dianggap banyak ‘memasarkan’ pengalaman baru. Mulai dari nama makanan tradisional lengkap dengan rasa yang unik dan sejarah dibaliknya sampai pada kearifan lokal yang diusung, seluruh adalah hal baru bagi generasi muda.

Hal semacam ini tentu dianggap menarik bagi wisatawan kota besar sampai makin mencuri perhatian. Konsep semacam ini juga kerap kali jadi gelanggang nostalgia zaman dahulu bagi orang-orang yang mulai jenuh dengan kehidupan perkotaan. Bahkan konsep ini juga cocok jadi lokasi tamasya dengan titik foto yang Instagramable.

Cukup banyak alasan popularitas tamasya masakan nuansa pedesaan makin diminati wisatawan, seperti keempat hal di atas. Kau termasuk peminat tamasya masakan pedesaan juga?